Friday, May 11, 2012

Profil Baja

Bagi teman-teman yang sudah lama berkecimpung di bidang teknik sipil pasti sudah pernah melihat dan mengerti apa-apa tentang yang namanya "Profil Baja". Yuk Sekilas aja ngebahas apa aja sih profil baja yang banyak di lapangan

Pada kali ini saya mungkin repost ( Sudah Pernah Di Post ) tapi saya susun dengan kata-kata sendiri kok . . . . cuman mungkin materi-materi yang ada sama dengan yang lain. Profil baja yang akan saya sampaikan kali ini adalah profil baja keluaran dari pabrik yang sudah melanglang buana . . . . . " Gunung Garuda ". Jenis-jenis profil nya adalah :

1. Hot Rolled Angle
          Hot Rolled Angle biasa di sebut juga Profil Siku atau Profil L, Profil ini paling banyak di pakai untuk perencanaan struktur baja trus, perencanaan tiang tandon trus, kuda-kuda baja, maupun pekerjaan-pekerjaan yang non struktur (meski harus dihitung sih) seperti jalur kabel tray dll

2. Cell Form

          Cell Form sering digunakan untuk balok-balok pada atap dengan bentang yang cukup panjang. Atau digunakan untuk struktur-struktur yang lain, ada kalanya bagian ini di ekspose (diperlihatkan).

3. H Beam

          H Beam atau sering di sebut balok H, lebih sering di gunakan untuk Kolom, Balok Lantai, atau pun yang lain. Dikarenakan bentuk profil arah x mapun arah y nya sama maka profil ini sering di pakai untuk hal-hal tersebut. adakalanya profil ini juga di kombinasikan dengan Beton.

4. Honey Comb
          Honey Comb adalah profil I yang di potong sedemikian rupa, sehingga kekuatan nya meningkat pada satu arah, profil ini banyak digunakan sebagai gelagar jembatan dan lain-lain

5. King Cross dan Quen Cross

          Profil ini memiliki Kuat Aksial yang cukup tinggi pada arah X dan arah Y. Maka dari itu profil ini paling baik digunakan untuk struktur kolom pada bangunan.

6. T Beam

          Profil ini adalah profil I atau profil H yang di potong. profil ini banyak di gunakan unuk balok.

7. Wide Flange

          Siapa yang ga kenal profil ini . . . . . Profil Wide Flange atau juga sering di Sebut WF juga disebut profil I WF. Profil ini paling banyak di gunakan untuk Balok apa saja. mau balok gelagar, balok atap, balok rumah (balok lantai) atau pun balok-balok yang lain.

Nah Sekian dulu yah semoga bisa membantu semua. . . .  Kalau teman-teman pengen download Spesifikasinya silahkan

Created By : ThePonteLTake for credit if you repost or share it............ credit me http://thepontel.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment